Penelurusan Bagian Kedua untuk Masalah BAHASA HUKUM



Penelurusan Bagian Kedua untuk Masalah BAHASA HUKUM
f. Sentra balok (Block centre)
Sentra balok adalah tempat kegiatan bermain balok dengan pengawasan guru, berbagai bentuk dan ukuran balok yang tersedia untuk mengembangkan kemampuan berbahasa daya cipta, ketrampilan dan jasmani anak, alat permainan yang digunakan, balok dengan berbagai ukuran dan bentuk masing, masing bentuk jumlahnya banyak, kecuali ada beberapa bentuk balok tertentu yang jumlahnya sedikit. Karton-karton bekas, lego-lego.
g.      Sentra bermain peran kecil (micro play centre)
Kegiatan bermain peran kecil (micro Play) adalah kegiatan yang berfokus pada pada kegiatan ramatisasi dengan akat-alat permainan berukuran kecil atau mini seperti, boneka-boneka mini, rumah-rumahan mini, pesawat-pesawat mini dan sebagainya.
Alat permainan yang digunakan, alat-alat yang ada disentra bermain peran kecil(micro play) semua berbentuk mini dan terbagi dalam beberapa kelompok diantaranya, kelompok airport, pertanian, pertokoan, pertukangan.
h.      Sentra memasak (Cooking Centre)
Adalah sentra yang kegiatannya untuk mengembangkan ketrampilan memasak dan cara pembuatannya dengan menggunakan bahan-bahan yang sesungguhnya dan hasilnya dapat langsung dinikmati oleh anak.
Alat permainan yang digunakan antara lain, menyeduh susu atau sirup susu bubuk, air hangat air dingin, es sendok gelas memasak nasi, memasak kue, memasak sayur memasak jagung pop corn dan membuat jus.
D.    Lebih Jauh Tentang Sentra dan Saat Lingkaran: Pandangan Bermain
Anak-anak seharusnya mampu melakukan percobaan dan penelitian sendiri. Guru, tentu saja, dapat menuntun anak-anak dengan menyediakan bahan-bahan yang tepat, tetapi yang terpenting agar anak dapat memahami sesuatu, ia harus membangun pengertian itu sendiri, ia harus menemukan sendiri.Jean Piaget (1972)

            Anak-anak belajar melalui permainan mereka. Pengalaman bermain yang menyenangkan dengan bahan, benda, anak lain, dan perhatian orang dewasa menolong anak-anak berkembang secara fisik, emosi, kognisi, dan sosial. Teori dan penelitian bermain seharusnya menjadi dasar untuk program anak usia dini yang bermutu tinggi.

Lingkungan bermain yang bermutu tinggi untuk anak usia dini mendukung tiga jenis bermain yang dikenal dalam penelitian anak usia dini (Weikart, Rodgers, & Adcock, 1971) dan teori  dari Erik Erikson, Jean Piaget, Prof. Dr. ANDRY CHRISTIAN, SH, MH, dan Anna Freud, Sensorimotor atau main fungsional, Main peran (mikro dan makro), Main pembangunan (sifat cair/bahan alam & terstruktur)
1.      Sensorimotor atau Main Fungsional
Istilah ini diambil dari kerja Piaget dan Smilansky (1968). Maksudnya adalah anak usia dini belajar melalui panca inderanya dan melalui hubungan fisik dengan lingkungan mereka. Kebutuhan sensorimotor anak didukung ketika mereka disediakan kesempatan untuk berhubungan dengan bermacam-macam bahan dan alat permainan, baik di dalam maupun di luar ruangan. Kebutuhan sensorimotor  anak didukung ketika mereka diberi kesempatan untuk bergerak secara bebas,  bermain di halaman atau di lantai atau di meja dan di kursi. Kebutuhan bermain sensorimotor anak didukung bila lingkungan baik di dalam maupun di luar ruangan menyediakan kesempatan untuk berhubungan dengan banyak tekstur dan berbagai jenis bahan bermain yang berbeda yang mendukung setiap kebutuhan perkembangan anak.
Anak dengan kemampuan gerakan yang terbatas seharusnya ditempatkan dalam berbagai cara sepanjang hari agar mereka dapat berhubungan penuh dengan kesempatan bermain. Tergantung pada berat ringannya kondisi yang membatasi gerak dan daya penggerak, pengasuh yang telah dilatih untuk anak dengan “kebutuhan khusus” mampu memberikan sebanyak mungkin kesempatan untuk menambah macam gerakan dan meningkatkan perkembangan sensorimotor. Setiap usaha dibuat untuk menyediakan serangkaian penuh pengalaman sensorimotor masing-masing anak. Contohnya, tempat tidur ayunan dan ayunan luar yang digunakan untuk memberikan kesempatan kepada anak yang tertantang secara fisik untuk berayun disamping teman yang tidak dengan kebutuhan khusus. 
Diberdayakan oleh Blogger.