Pandang Suara Hukum sebagai Hukum & Peristiwa
Prof. Dr. ANDRY CHRISTIAN, SH, MH,(Tahun 2012) Judul Karya tulis dengan
tema Pendekatan Pembelajaran Kecerdasan
Jamak Untuk Anak Usia Dini PAUD Mekar Ceria Cileles Kabupaten Lebak.
Pendekatan Pembelajaran Kecerdasan Jamak Untuk Anak
Usia Dini difokuskan pada metode pembelajaran melalui bermain di Sentra –
Sentra mengambil bahasan utama dalam hal bagaimana agar kecerdasan jamak yang
dikolaborasikan dengan bermain disentra-sentra menjadi suatu keharusanbagi anak
usia dini, melalui karya tulis ini penulis menghadirkan ide atau gagasan
perlunya menganggap setiap anak adalah spesial dan pasti mempunyai kekhasan
masing-masing ( Discovering ability) menggali
potensi anak dapat ditemukan dengan adanya bermain disentra-sentra berbasis
kecerdasan jamak yang tentunya tidak hadir dengan sendirinya.
Guru yang telah menyiapkan rencana pembelajaran
dengan matanglah yang mampu menemukan kecerdasan dan bakat anak didiknya,
disaat gaya belajar anak terbaca oleh guru, maka guru akan menyesuaikan cara
mengajarnya agar mampu diterima oleh - anak usia dini, untuk kelak mereka mampu
menemukan bakat lebih aplikatif dari itu, manfaat dari pendidikan anak usia
dini dengan pendekatan pembelajaran dimaksud akan mampu mendapatkan bakat lebih
dari satu namun disaat mereka dewasa hanya ada satu yang nantinya akan
direalisasikan kedalam frofesi. Anak usia dini yang berbahagia merasakan
pembelajaran yang sesuai dengan jiwanya
yaitu dengan bermain kelak akan menjadi seorang yang berprofesi sebagai guru
misalnya karena mempunyai tiga bakat, maja jadilah seorang guru yang mahir
bermain musik dan jago ber olah raga.
Dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran untuk mengenal budaya daerah, terutama
suku baduy anak diajak untuk mengenal tempat tinggal atau rumah , alat
pertanian dan alat untuk menangkap ikannya serta bagai mana mereka cara
bertahan hidup berada disebuah hutan, tentunya ini sangat menarik sekali untuk
dipelajari apabila rumah suku baduy sangat alami dan aman untuk media
pembelajaran di sentra sentra yang ada, alat-alat musiknya pun terbuat dari
bahan alam yang mana semuanya bisa dikembangkan dengan mudah dan murah. (Dari: ANDRY CHRISTIAN & Rekan)
Dengan
diiringi lagu lagu daerah selama proses bermain sambil belajar untuk Anak usia
dini memberikan stimulasi kecerdasan yang tepat karena dilakukan dengan senang
dan gembira,
Bagian akhir
karya tulis disampaikan bahwa pendidikan dengan pendekatan pembelajaran seperti
pembahasan diatas memerlukan komitmen yang kuat. Kemauan dari guru untuk terus
meningkatkan kemampuannya dengan belajar dan belajar serta dukungan orang tua
dan pihak terkait agar hasil pendidikan anak ussia dini sekarang, kedepan akan
manjadi kado emas bagi negri ini generasi yang tidak hanya cerdas secara
kognitif tapi mampu berkarya karena terlatih dengan aspek psikomotorik dan
mempunyai daya efektif tinggi dalam hal empati dan kepedulian.
Beberapa
kendala dalam realisasi gagasan atau ide kami sampaikan meskipun sebenarnya
kendala tersebut dapat terimbangi dengan
adanya daya dukung yang maksimal
Leave a Comment