Kriteria Penasehat Hukum Poster Ilmiah Andry Christian

Kriteria Penasehat Hukum Poster Ilmiah Andry Christian

Presentasi Poster
Dalam seminar-seminar ilmiah, disamping presentasi secara oral kadangkala juga diselenggarakan presentasi berupa poster. Berbagai jenis hasil penelitian ditampilkan dalam bentuk poster-poster yang menarik.  Bagaimana format dan ukuran poster sangat bervariasi, bergantung keinginan penyelenggaraka seminar. Sehingga para peserta harus mengikuti rambu-rambu yang diberikan oleh pihak penyelenggara.  Kesesuaian bentuk dan susunan poster dengan aturan yang diberikan merupakan salah satu faktor penilaian bagi poster yang ditampilkan. 
andry christian.
Berikut ini diberikan contoh salah satu kriteria yang diajukan oleh penyelenggara dalam pameran poster ilmiah yang harus dipatuhi oleh peserta.
1.      Tiap presentan harus menyiapkan materi visual untuk ditampilkan di papan partisi dengan luas bidang yang disediakan 90-100 cm x 110-120 cm per poster memanjang secara vertikal (lihat lay-out poster).
2.      Materi visual yang dipresentasikan dapat berupa poster besar tunggal yang dicetak maupun lembaran-lembaran kertas yang ditempelkan ke sebidang karton dengan ukuran 90-100 cm x 110-120 cm.
3.      Struktur presentasi poster secara umum mencakup:
a.   Judul penelitian, diikuti nama peneliti-peneliti dan nama departemennya.
b.   Abstrak
c.   Latar belakang masalah
d.   Kerangka teori dan kerangka konsep
e.   Metodologi
f.    Hasil dan diskusi
g.   Kesimpulan
4.      Isi poster harus singkat namun jelas dan efektif menggambarkan penelitian dan hasil penelitian. Sebaiknya cukup menggunakan 6-10 bagian materi, seperti poin-poin teks penting, grafik, tabel, gambar, dan lain-lain.
5.      Tiap presentan diberikan waktu 5 menit untuk mempresentasikan posternya dan 5 menit untuk tanya jawab, di hadapan juri dan audiens yang hadir.
6.      Poster harus dapat terbaca dari jarak 3 meter.
7.      Materi visual hendaknya dicetak dengan printer. Jika ditulis tangan, harus dengan huruf cetak rapi dengan tetap mematuhi standar ukuran huruf pada poin 5 dan 6.
8.      Teks dalam materi visual tidak lebih kecil dari yang dibentuk oleh tipografi Times New Roman 14 points.
9.      Tinggi huruf yang membentuk teks sekurang-kurangnya 1 cm (untuk huruf tinggi seperti d, p, k atau j) dengan tebal huruf sekurang-kurangnya 2 mm.
10.    Semua grafik dan gambar hendaknya berukuran 20 cm x 25 cm atau lebih besar.
11.    Jika menyertakan tabel dalam poster, judul tabel dituliskan di sisi atas tabel. Jika menyertakan grafik atau gambar, judul yang mendeskripsikan grafik atau gambar dituliskan di sisi bawah grafik atau gambar.
12.    Sebaiknya setiap bagian materi presentasi diberi nomor sesuai urutan alur presentasi sehingga membantu pembaca untuk lebih mudah memahami.
13.    Penggunaan warna-warna yang serasi dalam poster akan membuatnya menjadi lebih menarik dan mempermudah pembaca membedakan bagian-bagian dalam poster, demikian juga untuk grafik dan tabel.
14.    Poster dapat dipasang oleh presentan di tempat yang disediakan (di sekitar lobi bawah FTI - ITP) satu jam sebelum sesi presentasi poster dimulai.
15.    Presentan harus hadir tepat waktu sesuai jadual presentasi yang ditentukan. Permohonan perubahan jadual harus dikonfirmasikan kepada panitia selambatlambatnya tanggal 28 Januari 2005.
16.    Presentan dimohon untuk berada di dekat poster masing-masing pada jam yang ditentukan.

17.    Akan sangat bermanfaat jika presentan menyediakan fotokopi versi tertulis dari poster yang dipresentasikan, atau publikasinya di jurnal ilmiah, juga kartu nama untuk diberikan kepada audiens yang berminat.
Diberdayakan oleh Blogger.