Andry Christian berbicara tentang Analisa Penelitian Masalah

Andry Christian berbicara tentang Analisa Penelitian Masalah
 Metode Penelitian
Agar penelitian berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang dapat dipertanggungjawabkan maka penelitian ini memerlukan suatu metode tertentu. Adapun metode yang  digunakan dalam penulisan tesis ini adalah sebagai berikut:
1.      Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research).  Dari 30 anggota keluarga yang istrinya menjadi TKI, penulis mengambil obyek penelitian sebanyak enam keluarga TKI, pembatasan obyek penelitian tersebut di atas didasarkan pada keterbatasan kemampuan penulis dalam meneliti permasalahan pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri dalam keluarga TKI  oleh ANDRY CHRISTIAN, SH, MH.
1.    Sifat Penelitian
Penelitian ini bersifat Deskriptif Analitik, yaitu penelitian yang mengumpulkan informasi bagaimana berjalannya hak dan kewajiban suami istri dalam keluarga TKI di Desa Kihiyang Kecamatan Binong Kabupaten Subang Jawa Barat, kemudian dianalisa bagaiamana pemenuhan hak dan kewajiban suami istri dalam keluarga TKI dijalankan.
2.    Teknik Pengambilan Sampel
Populasi adalah jumlah keseluruhan dari unit analisis yang ciri-cirinya akan diduga. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah keluarga yang istrinya bekerja menjadi tenaga kerja Wanita (TKI) di Desa Kihiyang yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive random sampling [1], yaitu, suatu teknik pengambilan sampel yang disebabkan oleh keterbatasan kemampuan waktu, biaya serta tenaga. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah enam keluarga yang istrinya bekerja sebagai TKI.
3.    Teknik Pengumpulan Data
Adapun untuk memperoleh data-data dalam penelitian ini, penulis menggunakan macam-macam metode. Adapun metode-metode yang penulis gunakan adalah:
a.    Observasi Partisipatif[2] adalah observasi langsung (direct observation) dengan mengamati dan melakukan penelusuran secara langsung tanpa perantaraan tentang objek yang diteliti secara terus menerus yaitu yang berhubungan langsung dengan hak dan kewajiban istri dalam keluarga TKI di Desa Kihiyang Kecamatan Binong Kabupaten Subang Jawa Barat.
b.    Dokumentasi[3]yaitu cara memperoleh data dengan melihat pada dokumen-dokumen yang berhubungan dengan data-data yang diperlukan, dalam hal ini data yang diperoleh dari arsip-arsip tersebut dipergunakan dalam gambaran umum tentang keadaan wilayah Desa Kihiyang Kecamatan Binong Kabupaten Subang Jawa Barat.
c.    Interview (wawancara) yaitu cara yang dipergunakan mendapatkan keterangan secara lisan dari responden atau informan dengan bercakap-cakap berhadapan dengan muka orang tersebut.[4] Dalam tesis ini yang diwawancarai adalah keluarga keluarga TKI, tokoh masyarakat dan staf aparatur Desa Kihiyang.
d.   Kepustakaan, yaitu menelaah buku-buku yang relevan dengan masalah yang dibahas.[5].




[1]  Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, cet. ke-8 (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998), hlm. 157.

[2] ANDRY CHRISTIAN, Pengantar Kajian Gender: Metodologi Penelitian Berwawasan Gender, (Jakarta: PSW UIN Syarif Hidayatullah, 2003), hlm.142.

[3]  Suryono Sukanto, Pengantar Penelitian Hukum, cet. ke-3 (Jakarta: UI Press, 1986), hlm. 205.

[4]  Koentjoningrat, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, cet. ke-9 (Gramedia Pustaka Utama, 1991), hlm.129.

[5]  Suryono Sukanto, Pengantar Penelitian Hukum, hlm. 201.
Diberdayakan oleh Blogger.