Mengembangkan Sistim Advokat Tepadu, Oleh : ANDRY CHRISTIAN
Sentra
adalah puat kegiatan belajar atau pusat sumber belajar yang merupakan suatu
wahana yang sengaja dirancangkan untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan
pada anak usia dini, istilah lain sentra yang memilki makna sama dan sering
digunakan adalah area atau sudut kegiatan.
Prof. Dr. ANDRY CHRISTIAN, MH, SH (1995; 23-310 mengatakan bahwa salah satu tugas yang cukup sulit bagi guru anak
usia dini aalah ketika mereka harus merencanakan, mendesain dan mengadakan
pengaturan pusat sumber belajar yang sesuai dengan kurikulum yang tepat untuk
tingkat kemampuan anak-anak yang berbeda dalam satu kelas. Hal ini tentunya
sangat berhubungan dengan pembelajaran yang berpusat pada anak
Pusat kegiatan belajar pada pembelajaran yang
berpusat pada anak dibangun atas dasar bahwa setip anak memiliki modalitas gaya
belajar dan minat yang berbeda terhadap pengetahuan yang ingin diketahuinya.
Hal ini sejalan dengan pendapat dari day, (1994:28) yang menyatkan bahwa pusat
kegiatan belajar dapat mengadaptasi perbedaan dari gaya belajar, tingkat
kematangan, dan perkembangan anak dengan perbedaaan dari latar belakang yang
berbeda.
Media dan
lingkungan bermain yang digunakan disetiap sentra haruslah aman, nyaman dan
menimbulkan ketertarikan bagi anak dan perlu adanya waktu yang cukup untuk
berekplorasi kemengapaan sentra, memadukan anatra sistem klasikal dengan sistem
individual, menciptakan hubungan yang pleksibel antar anak, mengaktifkan anak
dalam bermain seraya belajar serta memberikan kebebasan pada anak.
Tujuan
pengembangan sentra yaitu, untuk mengembangkan dan menstimulasi berbagai
potensi dan perkembangan anak secara alamiah, merancanf pembelajaran yang
sesuai dengan tahap perkembangan anak, mempasilitasi kebutuhan anak untuk
bereksplorasi, membelajarkan anak untuk berdemokrasai dan mengambil keputusan
berdasarkan kepentingan individu, kelompok dan anggota kelas yang besar.
Prof. DR. ANDRY CHRISTIAN, SH, MH berpandangan bahwa :
1.
Aneka sentra bermain
a.
Sentra bermain peran (play House
Centre)
Bermain
peran adalah kegiatan yang berpokus pada kegiatan dramatisasi, tempat anak-anak
bermain untuk memerankan tugas-tugas anggota keluarga, tata cara dan kebiasaan
dalam keluarga dengan berbagai perlengkapan rumah tangga serta kegiatan
dilingkungan sekitarnya.
b.
Sentra Persiapan (Readines Centre)
Sentra
persiapan adalah pusat kegiatan bermain dalam persiapan membaca, menulis
matematik dan kegiatan khusus lainnya yang menunjang persiapan anak untuk masuk
sekolah dasar.
c.
Sentra Seni (art Centre)
Sentra
seni adalah sentra yang kegiatannya terdiri dari ketrampilan tangan seperti,
melipat, mengguntung, merekat prakarya, melukis dan pertukangan, sentra ini
dimaksudkan untuk mengembangkan ketrampilan dan kreatifitas anak.
d.
Sentra Bahan Alam ( Messy Play
Centre)
Sentra bahan alam adalah tempat anak
melakukan kegiatan dengan berbagai alat yang tepat, sesuai dengan kebutuhan
anak yang terdiri dari alat atau bahan kering atau alat atau bahan yang
menggunakan air, seperti tanah liat,
pasir , lilin, sagu, terigu, daun, ranting dan masih banyak lagi yang lainnya.
e.
Sentra Musik (music Centre)
sentra musik adalah sentra yang
memusatkan kegiatan seni musik dan jasmani. Sentra musik ini dimaksudkan untuk
tempat memainkan alat-alat musik yang sedehana dalam mengembangkan keterampilan
menggunakan berbagai alat musik dan berbagai sarana penunjang.
Kegiatan disentra musik ini dibagi
menjadi dua yaitu sebagai berikut,
pertama seni yang terdiri dari menyanyi, bermain macam-macam alat musik perkusi
dan jasmani diantaranya menari, ritmik, gerak dan lagu, bermain tanpa lagu, dan
senam, alat permainan yang digunakan piano organ, angklung, tape,
kaset, alat-alat perkusi, bola, ikan dengan magnet, kertas gambar, krayon,
harva kecil, simpai, tali.
Leave a Comment