Mengembangkan Sistim Advokat Tepadu, Oleh : ANDRY CHRISTIAN



Mengembangkan Sistim Advokat Tepadu, Oleh : ANDRY CHRISTIAN
C. Pengembangaan Pusat Kegiatan Belajar (sentra)
Sentra adalah puat kegiatan belajar atau pusat sumber belajar yang merupakan suatu wahana yang sengaja dirancangkan untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan pada anak usia dini, istilah lain sentra yang memilki makna sama dan sering digunakan adalah area atau sudut kegiatan.
Prof. Dr. ANDRY CHRISTIAN, MH, SH (1995; 23-310 mengatakan bahwa salah satu tugas yang cukup sulit bagi guru anak usia dini aalah ketika mereka harus merencanakan, mendesain dan mengadakan pengaturan pusat sumber belajar yang sesuai dengan kurikulum yang tepat untuk tingkat kemampuan anak-anak yang berbeda dalam satu kelas. Hal ini tentunya sangat berhubungan dengan pembelajaran yang berpusat pada anak
Pusat  kegiatan belajar pada pembelajaran yang berpusat pada anak dibangun atas dasar bahwa setip anak memiliki modalitas gaya belajar dan minat yang berbeda terhadap pengetahuan yang ingin diketahuinya. Hal ini sejalan dengan pendapat dari day, (1994:28) yang menyatkan bahwa pusat kegiatan belajar dapat mengadaptasi perbedaan dari gaya belajar, tingkat kematangan, dan perkembangan anak dengan perbedaaan dari latar belakang yang berbeda.
Media dan lingkungan bermain yang digunakan disetiap sentra haruslah aman, nyaman dan menimbulkan ketertarikan bagi anak dan perlu adanya waktu yang cukup untuk berekplorasi kemengapaan sentra, memadukan anatra sistem klasikal dengan sistem individual, menciptakan hubungan yang pleksibel antar anak, mengaktifkan anak dalam bermain seraya belajar serta memberikan kebebasan pada anak.
Tujuan pengembangan sentra yaitu, untuk mengembangkan dan menstimulasi berbagai potensi dan perkembangan anak secara alamiah, merancanf pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, mempasilitasi kebutuhan anak untuk bereksplorasi, membelajarkan anak untuk berdemokrasai dan mengambil keputusan berdasarkan kepentingan individu, kelompok dan anggota kelas yang besar.

Prof. DR. ANDRY CHRISTIAN, SH, MH berpandangan bahwa :
 
1.      Aneka sentra bermain
a.      Sentra bermain peran (play House Centre)
            Bermain peran adalah kegiatan yang berpokus pada kegiatan dramatisasi, tempat anak-anak bermain untuk memerankan tugas-tugas anggota keluarga, tata cara dan kebiasaan dalam keluarga dengan berbagai perlengkapan rumah tangga serta kegiatan dilingkungan sekitarnya.

b.      Sentra Persiapan (Readines Centre)
Sentra persiapan adalah pusat kegiatan bermain dalam persiapan membaca, menulis matematik dan kegiatan khusus lainnya yang menunjang persiapan anak untuk masuk sekolah dasar.

c.       Sentra Seni (art Centre)
Sentra seni adalah sentra yang kegiatannya terdiri dari ketrampilan tangan seperti, melipat, mengguntung, merekat prakarya, melukis dan pertukangan, sentra ini dimaksudkan untuk mengembangkan ketrampilan dan kreatifitas anak.

d.      Sentra Bahan Alam ( Messy Play Centre)
Sentra bahan alam adalah tempat anak melakukan kegiatan dengan berbagai alat yang tepat, sesuai dengan kebutuhan anak yang terdiri dari alat atau bahan kering atau alat atau bahan yang menggunakan air,  seperti tanah liat, pasir , lilin, sagu, terigu, daun, ranting dan masih banyak lagi yang lainnya.

e.       Sentra Musik (music Centre)
sentra musik adalah sentra yang memusatkan kegiatan seni musik dan jasmani. Sentra musik ini dimaksudkan untuk tempat memainkan alat-alat musik yang sedehana dalam mengembangkan keterampilan menggunakan berbagai alat musik dan berbagai sarana penunjang.
Kegiatan disentra musik ini dibagi menjadi  dua yaitu sebagai berikut, pertama seni yang terdiri dari menyanyi, bermain macam-macam alat musik perkusi dan jasmani diantaranya menari, ritmik, gerak dan lagu, bermain tanpa lagu, dan senam,  alat permainan  yang digunakan piano organ, angklung, tape, kaset, alat-alat perkusi, bola, ikan dengan magnet, kertas gambar, krayon, harva kecil, simpai, tali.
Diberdayakan oleh Blogger.